Kamis, 08 November 2012

Kab. Morowali "Pemekaran Kecamatan"


 

Pemekaran Kecamatan Di Kabupaten Morowali Tahun 2011

Luas daratan Kabupaten Morowali diperkirakan kurang lebih 15.490,12 km 2 atau sekitar 22,77 persen dari luas daratan Propinsi Sulawesi Tengah. Luas wilayah ini menempati urutan pertama bila dibandingkan dengan luas daratan kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Tengah. Dengan wilayah yang begitu luas bila di bandingkan dengan jumlah kecamatan yang berjumlah 14 pada tahun 2010, maka setiap kecamatan mempunyai wilayah yang sangat luas, hal ini tidak efisien dalam pembangunan dan pengurusan administrasi karena jarak desa-desa ke ibukota kecamatan untuk pengurusan surat-surat administrasi sangat jauh.

Didasarkan akan tuntutan dan kebutuhan untuk lebih meningkatkan pemerataan pembangunan di wilayah kabupaten morowali maka pada pertengahan tahun 2011 atau tepatnya bulan april melalui perda kab morowali terjadi pemekaran 4 kecamatan. Berikut no PERDA pemekaran dan kecamatan yang dimekarkan:
  • PERDA No. 4 Tahun 2011, Tanggal 27 April 2011.  
Terbentuknya Kecamatan Bungku Pesisir dengan ibukota di Lafeu, Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Bungku Selatan. Kecamatan Bungku Pesisir terdiri dari 10 desa yaitu Desa Puungkeu, Desa Tangofa, Desa Oneete, Desa Tanda Oleo, Desa Lafeu, Desa Torete, Desa Buleleng, Desa Laroenai, Desa Sambalagi, Desa Were'ea.
  • PERDA No. 5 Tahun 2011, Tanggal 27 April 2011. 
Terbentuknya Kecamatan Lembo Raya dengan ibukota di Petumbea, Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Lembo. Kecamatan Lembo Raya terdiri dari 10 desa yaitu Desa Po'ona, Desa Dolupo Karya, Desa Petumbea, Desa Ronta, Desa Pontangoa, Desa Jamor Jaya, Desa Pa'awaru, Desa Lembobelala, Desa Bintangor Mukti, Desa Mandula.
  • PERDA No. 6 Tahun 2011, Tanggal 27 April 2011.
Terbentuknya Kecamatan Petasia Timur dengan ibukota di Bungintimbe, Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Petasia. Kecamatan Petasia Timur terdiri dari 10 desa yaitu Desa Bunta, Desa Tompira, Desa Bungintimbe, Desa Towara, Desa Molino, Desa Mohoni, Desa Polewali, Desa Molores, Desa Keuno, Desa Masara.
  • PERDA No. 7 Tahun 2011, Tanggal 27 April 2011. 
Terbentuknya Kecamatan Bungku Timur dengan ibukota di Kolono, Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Bungku tengah. Kecamatan Bungku Timur terdiri dari 10 desa yaitu Desa OnePute jaya, Desa Bahomotefe, Desa Bahomoahi, Desa Ululere, Desa Kolono, Desa Geresa, Desa Laroue, Desa Nambo, Desa Unsungi, Desa Lahuafu.

Dengan mekarnya 4 kecamatan baru maka, sampai akhir tahun 2011 jumlah kecamatan di kabupaten morowali menjadi 18 kecamatan. 
Sumber : Badan Pusat Statistik Kab. Morowali

1 komentar:

  1. Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {4396} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.
    *****=====*****=====*****=====*****====*****=====*****=====*****=====
    —————————————————————————————–

    Assalamualaikum wr.wb saya andy ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor MBAH KABOIRENG dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi MBAH KABOIRENG dan mengikuti 4D nya yaitu {4396} dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 0823=2221=2111 MBAH KABOIRENG nomor ritual MBAH KABOIRENG meman benar2 100% tembus.

    BalasHapus